Sumber Daya Alam Nabati

Gambar Padi
Sumber daya alam nabati adalah sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan hidup manusia agar hidup lebih sejahtera yang berasal dari tumbuhan yang ada di muka bumi ini.

Sumber daya alam hayati terbagi menjadi 2, yaitu: sumber daya alam hayati dan sumber daya alam nabati. Sumber daya alam hayati adalah sumber daya alam yang berasal dari tumbuhan, sedangkan sumber daya alam hewani adalah sumber daya alam yang berasal dari hewan.


1. Fungsi dan peran sumber daya alam nabati bagi kehidupan

Sebagian besar sumber daya alam nabati di negara kita (Indonesia) berfungsi sebagai tanaman budidaya pangan , sandang, bahan baku kayu olahan, dan obat-obatan.

a) Sumber daya alam nabati sebagai budi daya pangan 

Sumber daya alama nabati sebagai tanaman budi daya pangan dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin. Tanaman sebagai sumber karbohidrat seperti padi, jagung, ubi dan kentang.

Tanaman sebagai sumber lemak antara lain kelapa, kacang tanah, dan kelapa sawit, sumber protein di antaranya kedelai, kacang hijau, serta jenis kacang-kacangan yang lainnya, sedangkan sebagai sumber vitamin yaitu sayur-sayuran.

b) Sumber daya alam nabati sebagai budi daya sandang

Sumber daya alam hayati yang digunakan dalam kehidupan sebagai sumber bahan sandang atau bahan pakaian antara lain kapas sebagai bahan dasar katun, serat rami sebagai bahan dasar rayon, dan serat sisal sebagai bahan dasar linen.

Bahan dasar kai dari tumbuhan diperoleh dari serat yang dimilikinya. Serat tersebut diperoleh dari biji, batang pohon, daun, dan buah. Berikut jenis tanaman yang digunakan bagiannya sebagai serat.


NoBagian TanamanNama Tanaman
1.BijiKapas, Kapuk
2.Batang (merambat)Flak, jute, rosella, henep, rami, urena, sun, dll
3.DaunAbaka, sisak, henequen
4.BuahKelapa (sabut)

Tanaman-tanaman tersebut digunakan manusia untuk membuat bahan baju atau sebagai alat kebutuhan rumah tangga, misanya keset. Banyak sekali motif dan corak yang beranekaragam, sehingga menambah nilai keindahan pada pakaian-pakaian yang dikenakan oleh manusia.

c) Sumber daya alam nabati sebagai komoditi kayu olahan

Sebagai sumber daya alam nabati kayu dimanfaatkan sebagai penopang kehidupan. Pemanfatan kayu olahan dibuat untuk pembuatan mebel, seperti kayu jati dan kayu-kayu yang lain telah dibudidayakan dari hutan, seperti meranti, rasamala, rotan, dan bambu.

d) Sumber daya alam nabati sebagai bahan obat-obatan

Tanaman yang digunakan sebagai bahan obat-obatan lebih dikenal dengan apotek hidup, seperti kumis kucing, jahe, kencur, kunyit, dan temulawak termasuk bunga Rosella. Lihat disini manfaat bunga Rosella. Selain berbagai jenis pemanfaatan yang telah dibahas berbagai tanaman lainnya yang juga dimanfaatkan di Indonesia antara lain sebagai berikut.

1) Jenis tanaman untuk keperluan industri. Manusia membudidayakan beberapa jenis tanaman secara luas dalam bentuk perkebunan. Contoh: teh, kopi, tebu, tembakau, lada, gambir, vanili, dan sebagainya.

2) Jenis tanaman yang dimanfaatkan manusia sebagai sumber minyak atsiri, antara lain cengkih, serai, tengkawang, kayu putih, dan kenanga.

3) Berbagai jenis tanaman yang dimanfaatkan manusia sebagai tanaman hias dapat menyemarakkan kehidupan manusia dan juga meningkatkan nilai budaya. Contoh: anggrek, mawar, melati, dan lain-lain.

4) Tanaman yang dimanfaatkan sebagai sumber protein adalah kedelai, kacang hijau, serta jenis kacang-kacangan lainnya.

Lihat di artikel selanjutnya: Sumber Daya Alam Hewani

0 comments:

Post a Comment